Kamis, 15 Oktober 2020

thumbnail

Perbedaan Daring dan Luring

Pada postingan ini saya akan menjelaskan perbedaan daring dan luring.

Daring dalam kbbi merupakan akronim dari dalam jaringan, atau terhubung melalui jaringan komputer, internet dan sebagainya. Dalam bahasa inggris daring ini disebut dengan online, kalau di terjemahkan menjadi on artinya dalam dan line artinya jaringan

Sedangkan luring dalam kbbi juga merupakan akronim, yaitu luar jaringan atau teputus dari jejaring komputer. Offline merupakan istilah dalam bahasa inggris yang artinya luring, off berarti luar dan line berarti jaringan.

Game yang berbasis mobile dan PC saat ini sudah banyak yang menggunakan sistem daring (online) seperti Hago, Mobile Legends (ML), Clash of Clans (COC), Free Fire (FF), Point Blank, game facebook, dsb. 

Game online dapat dilakukan secara terpisah antara satu pemain dengan pemain lainnya. Yaitu bisa dilakukan di tempat terpisah baik di rumah maupun tempat lainnya seperti lapangan, warung, cafe, dll. Game online juga bisa melawan orang-orang dari daerah lain bahkan dari seluruh dunia.  

Untuk game berbasis offline / luring adalah game yang tidak terkoneksi dengan internet, dan hanya bisa dimainkan oleh satu orang saja, adapun jika melawan musuh, musuh itu adalah komputer. 

Selama masa pandemi covid-19 banyak kegiatan yang dialihkan tempat beraktivitasnya menjadi di rumah atau dari rumah, seperti kegiatan belajar mengajar siswa sekolah SD, SMP, dan SMA (dan sederajat) dengan gurunya, kegiatan belajar mengajar mahasiswa kampus dengan dosennya, dan kegiatan pekerjaan para karyawan perusahaan (biasa disebut work from home (WFH)). Semua itu dilakukan dari rumah demi memutus rantai penyebaran virus covid-19. 

Dalam kegiatan belajar mengajar baik siswa maupun mahasiswa dilakukan dari rumah masing-masing menggunakan layanan video conference seperti aplikasi Zoom Meeting, Google Meet, Jitsi Meet, Go To Meeting dsb. Selain menggunakan layanan video conference, layanan yang digunakan juga yaitu Google Clasroom dan Google Form, bahkan ada yang menggunakan aplikasi Whatsapp (tentunya hanya melalui chat saja). 

Ada juga dosen yang merekam proses penjelasan materinya dengan aplikasi webcam dan membagikannya ke mahasiswa melalui layanan google drive. Selain itu juga ada yang menggunakan situs media sosial, yaitu live streaming Facebook, dan live steaming Instagram, dan mungkin masih ada alternatif lain lagi yang mungkin bisa dipakai oleh para guru dan dosen. 

Demikianlah penjelasan perbedaan antara daring dan luring. 

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments