Minggu, 17 September 2017

thumbnail

Cara Memberi Border pada jPanel di NetBeans IDE (Bahasa Java)

Bahasa Java adalah salah satu bahasa pemerograman berorientasi objek yang pertama kali dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung dengan Sun Microsystems dan pertama kali dirilis pada tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada bahasa C dan C++ dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana.


Ada banyak sekali IDE yang mendukung bahasa pemerograman java yaitu Netbeans, Eclipse, JCreator, BlueJ, Borland JBuilder, IntelliJ IDEA, Dr. Java, jGRASP, dan Oracle JDeveloper. Namun IDE yang yang digunakan pada postingan ini adalah NetBeans IDE.




Bagi yang belum tahu apa itu IDE, saya akan menjelaskan secara singkat mengenai IDE. IDE kepanjangan dari Integrated Development Environment yang artinya lingkungan pembangunan terpadu. Dilihat dari artinya IDE itu adalah sebuah lingkungan untuk membangun sebuah perangkat lunak. Jadi IDE adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. 

Dalam beberapa kasus, mungkin diperlukan untuk memberikan border pada batas luar pada panel atau dalam NetBeans jPanel. Tujuannya adalah hanya untuk memberikan batas luar pada jPanel agar terlihat agak unik. Pada kesempatan ini saya akan memberitahu kalian bagaimana cara memberikan border pada jPanel di NetBeans. Untuk memberikan border atau batas luar pada jpanel yaitu dengan mengklik kanan pada jpanel lalu pilih Properties --> border --> pilih border yang tersedia.


1. No Border




2. Bevel Border



3. Compound Border




4. Empty Border



5. Etched Border



6. Line Border



7. Matte Border



8. Soft Bevel Border



9. Titled Border
Untuk titled border, silahkan tambahkan judul atau title pada title di bagian properties.




Pilih border yang ingin kalian terapkan pada jpanel kalian, dan kembangkan sesuai kreatifitas kalian sendiri. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi kalian semua. Untuk pembahasan yang lainnya akan saya pisah menjadi beberapa postingan di postingan berikutnya. Selamat berkarya dengan NetBeans IDE, buatlah perangkat lunak yang bagus dan canggih agar harganya semakin mahal. Semakin bagus sebuah aplikasi semakin mahal harga aplikasi tersebut. Kalian dapat membuat aplikasi kasir, aplikasi dokter, aplikasi mall, aplikasi counter hp, dan lain sebagainya, sesuai kebutuhan konsumen dan perusahaan. 


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments