Sabtu, 11 November 2017

thumbnail

Macam-Macam Perulangan Pada PHP

Ngeblog itu adalah hobby saya, jadi saya akan terus ngeblog tanpa henti-hentinya. Namun ada beberapa kendala dalam menekuni hobby saya, yaitu rasa malas, dan kurangnya pengetahuan saya (jadi harus banyak browsing juga untuk bahan referensi). Tapi saya akan terus atasi masalah itu, agar blog ini tetap eksis di dunia maya. Pada postingan ini saya akan memilih materi tentang Macam-Macam Perulangan Pada PHP. Karena saya kuliah di jurusan Teknik Informatika, wajar kalau saya memilih materi PHP sebagai salah satu topik pembahasan pada blog ini.

Banyak sekali kasus yang memerlukan perulangan pada PHP, salah satu contohnya adalah menampilkan beberapa data pada table. Untuk dapat menampilkan data-data tersebut diperlukan perulangan untuk mengatasinya. Karena tidak mungkin kita menuliskan kembali tag-tag yang diperlukan untuk setiap baris data. Dengan adanya perulangan kita hanya menuliskan tag-tag yang diperlukan untuk setiap barisnya cukup sekali saja, dan diulang kembali sampai datanya habis.

Ada empat macam perulangan yang ada pada PHP yaitu while, for, do while dan foreach. 

1. While

Berikut adalah kode untuk penggunaan while pada PHP :

<?php
$a=1;
while($a<=10){
echo "Barisan Ke ".$a."<br>";
$a++;
}
?>

Hasilnya :



2. For

Berikut adalah contoh penggunaan for pada PHP :

<?php
for($a=1; $a<=10; $a++){
echo "Ini adalah barisan ke ".$a."<br>";
}
?>

Berikut hasilnya :



3. Do While

Berikut adalah contoh penggunaan do while pada PHP :

<?php
$a=1;
do{
echo "Ini Barisan Ke ".$a."<br>";
$a++;
}
while($a<=15);
?>




4. Foreach

Penggunaan foreach pada PHP :

<?php
$a=array("While","For","Do While","Foreach");
foreach($a as $hasil){
echo "Perulangan ".$hasil."<br>";
}
?>

Hasilnya :




Kode-kode yang ada di atas masih sangat sederhana, silahkan cari contoh kode yang lebih kompleks di internet pada penggunaan perulangan di PHP, karena saya masih minim kode. Semoga kode-kode diatas berguna dan memberikan modal pemahaman untuk mempelajari perulangan dengan kode-kode yang lebih kompleks. Bersenang-senanglah kalian dengan PHP, karena PHP dapat membuat halaman web menjadi dinamis yang pastinya membuat kalian BAPER setelah melihat halaman web yang dinamis hasil buatan kalian sukses dan berhasil dicoba dijalankan di browser.


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments