Jumat, 08 Desember 2017

thumbnail

Apa Itu Domain dan Hosting ?

Seorang blogger harus mengetahui istilah domain dan hosting, jika sewaktu-waktu kalian ingin pindah dari blog ke website. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian yang merasa seorang blogger harus mengetahui apa maksud dari domain dan hosting. Domain adalah sebuah identitas atau nama dari sebuah blog atau website. Dan hosting adalah wadah atau tempat menyimpan file (gambar, video, audio, dll) dari website tersebut. Namun hosting dari suatu penyedia layanan blog gratis, kapasitasnya hanya sedikit. 




Agar kalian tahu apa maksud dari domain dan hosting, mari baca artikel ini sampai tuntas, tanpa bekas.

1. Pengertian Domain

Domain adalah nama khusus dan unik untuk memberi indentitas dari suatu website. Jadi domain itu adalah nama dari sebuah website. Satu nama domain hanya dimiliki oleh satu website saja, seperti www.kaskus.com. Adapun jika ada yang sama, itu hanya ekstensinya yang berbeda, seperti www.kaskus.net atau www.kaskus.org. Jadi tidak mungkin ada website lain yang menggunakan domain www.kaskus.com. Dapat dipahami kawan-kawan?. 

Kalau dalam dunia website penamaan sebuah website menggunakan domain, tidak dengan perangkat komputer yang menggunakan IP Address untuk inisialisasi sebuah perangkat, seperti komputer, HP, Tablet, laptop, dll. Dalam dunia jaringan komputer penamaan sebuah device/perangkat menggunakan IP Address (Internet Protocol Address). Contoh 192.168.43.25 adalah IP Address laptop saya.

Jadi intinya domain itu nama unik yang dapat orang lain gunakan untuk mengakses website dengan nama domain tersebut. Dan hanya website tersebut yang memiliki domain tersebut. Adapun jika ada yang sama hanya ekstensinya yang berbeda seperti .net, .org, .sch.id, dan tidak mungkin ada website lain yang mempunyai domain yang sama dengan ekstensi .com, karena tadi sudah dipakai. Misal www.kaskus.com, tidak mungkin ada website lain yang memiliki domain yang sama dengan domain www.kaskus.com.

Sekarang, di internet sudah ada provider yang menyediakan domain gratis, tapi hanya sub domain dari domain situs penyedia layanan domain dan hosting tersebut. Jadi domainnya tidak murni dot com, melainkan misal www.rajinbaca.hostinger.co.id, tidak murni dot com yaitu www.rajinbaca.com. Domain gratis ini dapat kalian gunakan untuk media pembelajaran untuk membuat website, jika kalian masih pemula.

2. Pengertian Hosting

Hosting adalah space atau tempat penyimpanan file-file suatu website di server penyedia jasa hosting dan domain yang website tersebut pakai. Contoh penyedia hosting dan domain adalah hostinger. Jika suatu website atau situs menggunakan hostinger sebagai penyedia domain dan hostingnya, maka semua file, mulai dari file teks, audio, video, gambar, dan lain sebagainya akan disimpan di server hostinger tersebut.

Setiap situs atau website yang hendak dionlinekan agar dapat diakses oleh semua orang, maka situs tersebut harus disimpan di sebuah host. Ada banyak jenis hosting di internet, mulai dari hosting yang berasal dari satu server yang dibagi-bagi, cloud hosting / hosting awan, VPS hingga memiliki server sendiri dari website itu sendiri. Seperti situs penyedia domain dan hosting yang memiliki hosting sendiri untuk situsnya sendiri seperti www.hostinger.co.id.

Sekarang, di internet sudah ada hosting yang gratis, yah walaupun fasilitasnya tidah selengkap yang berbayar, setidaknya hosting gratis tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran kalian bagi yang baru mengenal dunia hosting website.


Dapat disimpulkan bahwa domain dan hosting adalah suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jadi domain adalah nama suatu website dan hosting adalah tempat penyimpanan file dari website itu sendiri. Semoga semua penjelasan saya dapat dengan mudah dipahami. Semoga kalian bisa membuat website sendiri setelah ada inspirasi dari postingan ini, yaitu inspirasi dari membaca semua postingan ini. Maksudnya dengan membaca postingan ini kalian dapat terinspirasi untuk membuat website yang bagus.


Best Regard

Salam Hormat

Cyber Odink

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments