Senin, 09 November 2020

thumbnail

Apa Itu Blogwalking, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Bagi para blogger / pemilik blog yang sudah sukses, mungkin istilah blogwalking sudah tidak asing lagi di telinga mereka. Namun bagi blogger pemula, istilah ini akan membingungkan. Untuk mengobati kebingungan tersebut maka saya akan membuat pembahasan tentang apa itu blogwalking, manfaat, dan cara melakukannya.

Jika blog sobat masih baru atau trafiknya masih rendah, mungkin sobat bisa melakukan blogwalking ke blog orang lain dengan niche yang sama dengan blog sobat. Jika sobat melakukan blogwalking dengan blog yang tidak satu niche maka otomatis para pengunjung blog tersebut tidak akan memperdulikan link aktif milik sobat, karena mereka merasa tidak relevan dengan artikel yang mereka inginkan.

Apa itu Blogwalking

Blogwalking adalah aktifitas mengunjungi blog milik orang lain yang dilakukan oleh seorang blogger dan meninggalkan komentar berupa link aktif yang mengarah kepada blog milik blogger tersebut / kepada blog milik orang yang melakukan blogwalking. 

Manfaat Blogwalking

Memperoleh Inspirasi

Dengan mengunjungi blog milik orang lain, sobat akan memperoleh inspirasi baru atau ide baru untuk dituangkan ke dalam blog milik sobat sendiri. Tentunya dengan menambahkan referensi tambahan lainnya agar postingan menjadi berbobot dan berkualitas.

Menambah pengetahuan

Jika sobat melakukan blogwalking dan sobat membacanya dari awal sampai akhir, maka pengetahuan sobat akan bertambah.

Membangun tali silaturahmi 

Berkomentar di postingan blog orang lain tentunya akan membuat pertemanan di dunia maya sobat akan bertambah. Dan juga akan membuat jaringan sobat menjadi bertambah atau luas. 

Menambah trafik blog 

Jika sobat melakukan blogwalking ke blog orang lain yang sudah besar trafiknya, dan meninggalkan link aktif blog milik sobat (dengan tidak melakukan spam), maka sobat akan kecipratan sedikit trafik yang dimiliki blog yang sobat kunjungi.

Mendapatkan backlink gratis

Dengan meninggalkan jejak berupa link aktif ke kolom komentar blog milik orang lain dan tentunya harus satu niche, maka akan menambah backlink ke blog milik sobat, walaupun bersifat no follow.

Mendapat bantuan dari blogger lain

Dengan mengunjungi blog orang lain misal dengan niche seputar blogging, maka kita akan mendapat bantuan teknis seputar blogging. Dengan begitu semua kendala yang sobat miliki seputas teknis ngeblog akan terselesaikan dengan baik. 

Sebagai bahan evaluasi

Sobat bisa membandingkan blog milik sobat dengan blog orang lain yang sudah sukses. Dengan begitu sobat bisa mengevaluasi blog milik sobat dalam hal pemilihan topik, penguasaan materi, gaya penulisan, hingga penyajian gambar di blog sobat. 

Sebagai media promosi 

Dengan berkomentar di postingan blog orang lain maka secara tidak langsung sobat sudah mempromosikan blog sobat. 

Cara Melakukan Blogwalking

Pertama        :  Cari blog milik orang lain yang satu niche dengan blog sobat

Kedua            :  Pilih salah satu postingan yang sesuai

Ketiga            :  Baca terlebih dahulu postingannya dari awal sampai akhir

Keempat       :  Tinggalkan komentar yang sopan, lalu tambahkan link blog milik sobat.

Tips Melakukan Blogwalking  

Berkomentar dengan sopan

Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan topik pembahasan sebuah postingan. Jika sobat berkomentar dengan kata-kata kasar atau tidak sopan, maka otomatis membuat pemilik blog menjadi risih, dan tentunya membuat komentar sobat dihapus oleh pemilik blog. 

Beri apresiasi 

Berilah kata-kata atau kalimat yang mengandung ungkapan apresiasi di kolom komentar, agar menjadi motivasi bagi pemilik blog tersebut. Dan juga akan membuat komentar sobat disetujui untuk muncul pada kolom komentar. 

Beri saran membangun

Dengan memberi saran yang membangun, maka si pemilik blog akan senang dan akan membuat perbaikan pada postingan blog miliknya, dan juga akan membuat munculnya ide baru untuk membuat postingan baru.

Jangan Pasang Link Negatif

Jika sobat ingin melakukan blogwalking, sangat dilarang untuk memasang link aktif yang mengandung situs judi, narkoba, film porno, dan lainnya yang dilarang oleh hukum yang berlaku di Indonesia.

Tidak Semua Blogger Mengizinkan Link Aktif

Sebelum berkomentar baca dulu peraturannya, apakah diperbolehkan memasukkan link aktif atau tidak. Jika tidak ada peraturannya, coba scroll ke bagian kolom komentar, apakah ada yang berkomentar dengan memasang link aktif atau tidak. Karena jika komentar sobat berisi link aktif dan pemilik blog melarangnya, maka komentar sobat akan dihapus

Nah mungking ini saja penjelasan yang dapat saya jelaskan, jika ada tambahan silahkan tulis di kolom komentar, nanti saya akan update. 

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

1 Comments