Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi desktop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.
Netbeans juga dapat digunakan progammer untuk menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java namun selain itu dapat juga mendukung bahasa pemrograman lainnya dan program ini pun bebas untuk digunakan dan untuk membuat professional dekstop, enterprise, web, and mobile applications dengan Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby.
NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh, dan memiliki hampir 100 mitra (dan terus bertambah). Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama. Dan saat ini pun netbeans memiliki 2 produk yaitu Platform Netbeans dan Netbeans IDE. Platform Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi deskto dan Platform NetBeans juga menawarkan layanan-layanan yang umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang spesifik terhadap aplikasi.
Fitur fitur yang terdapat dalam NetBeans IDE antara lain :
- Smart Code Completion: untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
- Bookmarking: fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi.
- Go to commands: fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.
- Code generator: jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.
- Error stripe: fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight merah. 1
Sebelum mulai membuat aplikasi perhitungan sederhana dengan NetBeans IDE 8.1, kita harus :
1. Menginstall software NetBeans IDE 8.1.
2. Menginstall Java Development Kit (JDK).
Langkah-langkahnya :
2. Menginstall Java Development Kit (JDK).
Langkah-langkahnya :
1. Buka software NetBeans IDE 8.1.
2. Buat project baru, klik Menu File -> New Project (Ctrl + Shift + N).
3. Pilih Categories : Java -> Project : Java Aplication, kemudian klik Next.
4. Beri nama Project Name : Aplikasi Perhitungan Sederhana à Pilih lokasi penyimpanan Project Location : Terserah Anda -> Klik Finish.
5. Klik kanan pada Package aplikasi.perhitungan.sederhana -> New -> Jframe Form.
6. Akan tampil jendela seperti dibawah ini. Beri nama Class Name : Form_Perhitungan -> Klik Finish.
7. Klik dan tarik tool-tool (Label, Button dan Text Field) yang ada di Pallate (jika tidak ada klik menu Windows à IDE Tools à Palette (Ctrl+Shift+8)) sebelah kanan window ke dalam Frame yang ada di hadapan Anda.
8. Kemudian susun Button, Label dan Text Field tadi menjadi seperti di bawah ini.
- Untuk merename Label / Button : Klik Label/ Button àTekan tombol F2 à Beri nama.
- Untuk Menebalkan tulisan : Klik Kanan Label à Properties à Font à Pilih Bold pada Font Style à Klik OK.
- Untuk mengganti Variable Namenya : Klik Tool yang ingin kita ubah Variable Namenya à Klik kanan pilih Change Variable Name à isi dengan nama variable à Klik OK.
- Untuk meresize ukuran : Dekatkan mouse ke bagian pinggir Label / Button / TextField à Tarik bagian pinggir tadi sesuai contoh desain tampilan.
Isi properties pada setiap tool-tool dengan panduan di bawah ini :
No | Nama Tool | Text | Variable Name |
---|---|---|---|
1 | Label 1 | APLIKASI PERHITUNGAN SEDERHANA (Bold) | lblJudul |
2 | Label 2 | Angka 1 | lblAngka1 |
3 | Label 3 | Angka 2 | lblAngka2 |
4 | Label 4 | Hasil | lblHasil |
5 | TextField 1 | (Kosongkan) | txtAngka1 |
6 | TextField 2 | (Kosongkan) | txtAngka2 |
7 | TextField 3 | (Kosongkan) | txtHasil |
8 | Button 1 | Tambah | btnTambah |
9 | Button 2 | Kurang | btnKurang |
10 | Button 3 | Kali | btnKali |
11 | Button 4 | Bagi | btnBagi |
12 | Button 5 | Hapus | btnHapus |
13 | Button 6 | On | btnOn |
14 | Button 7 | Off | btnOff |
15 | Button 8 | Keluar | btnKeluar |
angka1 = Double.parseDouble(txtAngka1.getText()); angka2 = Double.parseDouble(txtAngka2.getText());
hasil = angka1 + angka2;
txtHasil.setText(String.valueOf(hasil));
|
angka1 = Double.parseDouble(txtAngka1.getText()); angka2 = Double.parseDouble(txtAngka2.getText());
hasil = angka1 - angka2;
txtHasil.setText(String.valueOf(hasil));
|
angka1 = Double.parseDouble(txtAngka1.getText()); angka2 = Double.parseDouble(txtAngka2.getText());
hasil = angka1 * angka2;
txtHasil.setText(String.valueOf(hasil));
|
- Script untuk Tombol Bagi :
angka1 = Double.parseDouble(txtAngka1.getText()); angka2 = Double.parseDouble(txtAngka2.getText());
hasil = angka1 / angka2;
txtHasil.setText(String.valueOf(hasil));
|
double angka1,angka2,hasil; |
public Form_Perhitungan() {
initComponents();
}
14. Kemudian letakkan Script berikut diantara
public Form_Perhitungan() {
initComponents();
dan :
}
- Artinya Script yang berada di dalam void tombol_off() akan dieksekusi jika Frame dijalankan.
Pada Tombol On.
- Maksudnya Script yang ada didalam void tombol_on() akan dieksekusi jika tombol On diklik.
Pada Tombol Off.
- Maksudnya Script yang ada didalam void tombol_off() akan dieksekusi jika tombol Off diklik.
- tombol_on();
- tombol_off();
- hapus();
18.Buka Main Class AplikasiPerhitunganSederhana di atas Frame Form_Perhitungan, dan masukkan Script berikut, diantara :
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
Dan : (Tepatnya disini)
}
- Form_Perhitungan FP = new Form_Perhitungan(); = Maksudnya untuk membuat sebuah objek baru dengan nama FP dari Frame Form_Perhitungan.
- FP.setVisible(true); = Maksudnya untuk mensetting Visibilitas Frame Form_Perhitungan menjadi true. (Frame Form_Perhitungan akan ditampilkan)
19.Tahap pemberian Script telah selesai, lalu jalankan Aplikasinya dengan mengklik Menu Run à Run Project (Aplikasi Perhitungan Sederhana) (F6).
Hasilnya :
- Klik Tombol On untuk memulai uji coba. Masukkan Angka! Misal : 4 dan 2 kemudian Klik Tombol Tambah, Maka hasilnya adalah 6.0.
20.Untuk menjadikannya Aplikasi Java yang nantinya bisa dibuka tanpa harus membuka Software Netbeans IDE, Klik Menu Run à Clean and Build Project (Aplikasi Perhitungan Sederhana) (Shift+F11). (Tunggu proses selesai)
21.Buka Folder Aplikasi Perhitungan Sederhana pada direktori yang telah Anda tentukan pada Project Location. (Pada langkah nomor 4)
22.Buka folder dist, dan double klik pada file Aplikasi_Perhitungan_Sederhana yang berekstensi Executable Jar File (.jar). (Anda dapat memindahkannya ke Laptop lain, dan aplikasi tersebut akan dapat dibuka walaupun Anda tidak membuka Software Netbeans IDE)
23.Selesai, Gampang Kan....
21.Buka Folder Aplikasi Perhitungan Sederhana pada direktori yang telah Anda tentukan pada Project Location. (Pada langkah nomor 4)
22.Buka folder dist, dan double klik pada file Aplikasi_Perhitungan_Sederhana yang berekstensi Executable Jar File (.jar). (Anda dapat memindahkannya ke Laptop lain, dan aplikasi tersebut akan dapat dibuka walaupun Anda tidak membuka Software Netbeans IDE)
23.Selesai, Gampang Kan....
7/21/2017 09:35:00 PM
Tags :
Java
,
NetBeans IDE
Subscribe by Email
Follow Updates Articles from This Blog via Email
No Comments