Senin, 13 November 2017

thumbnail

Cara Membuat Game Tic Tac Toe Dengan NetBeans IDE (Bahasa Java)

Java sebagai salah satu bahasa pemrograman yang sudah berumur dari era 1990-an, kian berkembang dan melebarkan dominasinya di berbagai bidang. Salah satu penggunaan terbesar Java adalah dalam pembuatan aplikasi native untuk Android. Selain itu Java pun menjadi pondasi bagi berbagai bahasa pemrograman seperti Kotlin, Scala, Clojure, Groovy, JRuby, Jython, dan lainnya yang memanfaatkan Java Virtual Machine sebagai rumahnya.


Mari kita langsung saja ke TKP :

1. Buka aplikasi NetBeans IDE nya.
2. Kemudian buat project baru dengan kategori Java dan project Java Application
3. Buat JFrame Form baru dengan nama Maintictactoe, atau bebas terserah kalian.
4. Buatlah tampilan berikut dengan JButton, dan ubah variable namenya dengan btn1 sampai btn9.



5. Lalu ubah ukuran fontnya menjadi 24 dan font stylenya menjadi bold (Ingat semua tombol yg ada 9 jumlahnya). Caranya klik kanan pada button lalu pilih font, jika sudah dirubah klik ok.


6. Jika sudah buat tombol reset, tombol ini berfungsi untuk mereset tombol-tombol yang telah berisi huruf X dan O menjadi kosong. Ubah variable namenya menjadi btnReset.



7. Lalu buat label untuk menampilkan jumlah klik untuk pemain X dan O, ubah variable name 0 Kali yang atas dengan lblX, dan 0 Kali yang bawah dengan lblO.




8. Lalu pergi ke tab Source dan ketikkan int nilai, nilaiX, nilaiO; di bawah kode public class Main_Frame extends javax.swing.JFrame {.




9. Lalu ketikkan lagi kode :

nilai = 1;
nilaiX = 0;
nilaiO = 0;
dibawah kode
initComponents();



10. Kemudian ketikkan lagi kode yang lumayan banyak di bawah kode

public Maintictactoe() {
        initComponents();
        nilai = 1;
        nilaiX = 0;
        nilaiO = 0;
    }




Ini kodenya :

    void pemenang(){
        if (btn1.getText()=="X" && btn2.getText()=="X" && btn3.getText()=="X"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah X, Selamat X !!!");
        } else if (btn4.getText()=="X" && btn5.getText()=="X" && btn6.getText()=="X"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah X, Selamat X !!!");
        } else if (btn7.getText()=="X" && btn8.getText()=="X" && btn9.getText()=="X"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah X, Selamat X !!!");
        } else if (btn1.getText()=="X" && btn5.getText()=="X" && btn9.getText()=="X"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah X, Selamat X !!!");
        } else if (btn3.getText()=="X" && btn5.getText()=="X" && btn7.getText()=="X"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah X, Selamat X !!!");
        } else if (btn1.getText()=="X" && btn4.getText()=="X" && btn7.getText()=="X"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah X, Selamat X !!!");
        } else if (btn2.getText()=="X" && btn5.getText()=="X" && btn8.getText()=="X"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah X, Selamat X !!!");
        } else if (btn3.getText()=="X" && btn6.getText()=="X" && btn9.getText()=="X"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah X, Selamat X !!!");
        }
        
        if (btn1.getText()=="O" && btn2.getText()=="O" && btn3.getText()=="O"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah O, Selamat O !!!");
        } else if (btn4.getText()=="O" && btn5.getText()=="O" && btn6.getText()=="O"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah O, Selamat O !!!");
        } else if (btn7.getText()=="O" && btn8.getText()=="O" && btn9.getText()=="O"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah O, Selamat O !!!");
        } else if (btn1.getText()=="O" && btn5.getText()=="O" && btn9.getText()=="O"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah O, Selamat O !!!");
        } else if (btn3.getText()=="O" && btn5.getText()=="O" && btn7.getText()=="O"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah O, Selamat O !!!");
        } else if (btn1.getText()=="O" && btn4.getText()=="O" && btn7.getText()=="O"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah O, Selamat O !!!");
        } else if (btn2.getText()=="O" && btn5.getText()=="O" && btn8.getText()=="O"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah O, Selamat O !!!");
        } else if (btn3.getText()=="O" && btn6.getText()=="O" && btn9.getText()=="O"){
            JOptionPane.showMessageDialog(rootPane, "Pemenangnya adalah O, Selamat O !!!");
        }
    }
    void reset(){
        nilai = 1;
        nilaiX = 0;
        nilaiO = 0;
        
        lblX.setText("0"); lblO.setText("0");
        
        btn1.setText(""); btn1.setEnabled(true);
        btn2.setText(""); btn2.setEnabled(true);
        btn3.setText(""); btn3.setEnabled(true);
        btn4.setText(""); btn4.setEnabled(true);
        btn5.setText(""); btn5.setEnabled(true);
        btn6.setText(""); btn6.setEnabled(true);
        btn7.setText(""); btn7.setEnabled(true);
        btn8.setText(""); btn8.setEnabled(true);
        btn9.setText(""); btn9.setEnabled(true);

    }

11. Kembali ke panel Design, lalu double klik pada button yang bervariable name btn1, lalu ketikkan kode berikut :

if(nilai == 1){
            btn1.setText("X");
            btn1.setEnabled(false);
            nilai -= 1;
            nilaiX += 1;
            lblX.setText(String.valueOf(nilaiX+" klik"));
            pemenang();
        } else {
            btn1.setText("O");
            btn1.setEnabled(false);
            nilai += 1;
            nilaiO += 1;
            lblO.setText(String.valueOf(nilaiO+" klik"));
            pemenang();
        }



12. Ulangi langkah nomor 11 sampai button yang ke 9, kalian hanya mengganti kode btn1 dengan btn2, btn3, btn4 dan seterusnya sampai button 9.

13. Kembali lagi ke panel Design lalu double klik pada tombol Reset, dan ketikkan kode reset();.

14. Jalankan projectnya untuk melihat hasilnya, cari menu Run => Run File atau dengan menekan Shift + f6 .
Berikut hasilnya :


15. Dan berikut hasilnya jika aplikasinya dimainkan.


16. Selesai, mudah bukan jika cuma kopas dari tutornya, saya harap kalian paham dengan kode-kode yang lumayan agak banyak ini.


Jangan mudah berputus asa jika mengalami kegagalan dalam membuat aplikasi. Saya sarankan kepada kalian untuk bergabung ke grup-grup NetBeans berbahasa indonesia di FB, agar kalian dapat bertanya-tanya seputar bahasa java dan NetBeans IDE. Skill saya juga masih di level newbie, tapi newbie yang sudah paham untuk membuat aplikasi-aplikasi yang sederhana. Seperti game ini, aplikasi perhitungan sederhana, aplikasi menghitung luas dan volume sebuah balok dan masih banyak lagi.


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments