Senin, 04 September 2017

thumbnail

Cara Melampirkan File Ke Surat Elektronik atau E-Mail

E-Mail adalah kependekan dari Electronic Mail atau dalam bahasa Indonesia surat elektronik. Dengan adanya surat elektronik ini, kita bisa mengirim surat ke teman kita atau ke suatu lembaga, dengan mudah dan cepat, tanpa harus mengirimnya lewat kantor pos. E-Mail ini biasa digunakan oleh kebanyakan orang untuk mendaftar ke situs media sosial atau situs lainnya yang membutuhkan email untuk daftarnya. Kalian bisa memiliki akun email ini secara gratis dengan mendaftar di situs penyedia layanan surat elektronik, contohnya Google Mail, Yahoo Mail, AIM Mail, Windows Live Hotmail, Mail.com, dsb.

Ada tiga jenis email yang ada saat ini yaitu POP Mail (Email berbasis POP), Web Based Mail (Email berbasis web), dan Email Forwarding.

POP Mail (Email berbasis POP)
POP adalah kepanjangan dari Post Office Protocol. POP Mail adalah salah satu jenis email yang memungkinkan email yang diterima dibaca secara offline. Karena proses penggunaannya adalah dengan menggunakan program khusus untuk POP Mail, salah satunya yaitu Microsoft Outlook Express. Kalian harus mengunduh emailnya dari server dan disimpan di komputer kalian melalui Microsoft Outlook Express. Email tersebut bisa dibaca di kemudian hari jika diperlukan tanpa harus terhubung ke internet, karena kalian sudah mengunduh emailnya tadi. Contoh dari jenis email ini adalah Eudora, MS Outlook Express, Pegasus, Netscape Communicator, dll.

Web Based Mail (Email berbasis web)
Web based mail adalah sebuah layanan email yang berbasis halaman web, untuk bisa menggunakan layanan emailnya kita harus membuka browser dan pergi ke halaman mail di situs mail tersebut. Contohnya : Yahoo Mail (mail.yahoo.com), Google Mail (mail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), Mail (www.mail.com), dsb.

Email Forwarding
Email forwarding adalah sebuah layanan email yang meneruskan email yang diterimanya ke alamat email lainnya.


Mari kita lanjutkan materinya ke langkah-langkah melampirkan file ke surat elektronik. Pada kali ini saya menggunakan jenis email web based mail dengan GMAIL (Google Mail) sebagai penyedia layanan emailnya.

1. Buka situs gmailnya disini.
2. Klik tombol Tulis untuk menulis email baru, seperti dibawah ini.



3. Isikan kolom-kolom yang kosong, seperti penerima, subjek, dan isi email.



4. Tekan tombol lampirkan file.



5. Lalu pilih filenya untuk dilampirkan.



6. Lalu tekan tombol Kirim.



7. Maka email tersebut akan terkirim ke soldier.odink05@gmail.com.
8. Untuk memastikan email tersebut sudah terkirim atau belum, pilih menu Email Terkirim. Maka akan muncul email yang tadi dibuat dan dikirim di bagian paling atas di barisan email terkirim. 



9. Selesai.


Tadi itu adalah langkah-langkah cara melampirkan file ke surat elektronik atau email. Mudah bukan, silahkan coba dengan akun email kalian. Kalian bisa melampirkan jenis file lainnya, dan jika file yang akan dilampirkan berukuran sangat besar maka file tersebut akan disimpan di google drive. Atau silahkan coba dengan situs penyedia email lainnya, seperti yahoo mail dan mail.com. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kalian lewat medsos yang kalian miliki.



Sekian

Wassalam  



Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments