Kamis, 07 September 2017

thumbnail

Cara Membuat Jam Digital Dengan Macromedia Flash 8


Assalamu'alaikum sahabat setanah air, ketemu lagi dengan saya Muhamad Abdul Qodir yang merupakan seorang kontributor dari blog cyber odink ini. Blog ini adalah blog pribadi milik saya yang keseluruhan isinya adalah hasil kerja keras saya untuk menulis semua postingannya. Blog ini berisi tutorial-tutorial dan informasi seputar dunia teknologi informasi dan komunikasi. Kali ini saya akan menulis postingan yang berjudul Cara Membuat Jam Digital Dengan Macromedia Flash 8. Silahkan lanjutkan membaca !






Macromedia flash 8 adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat gambar vektor, animasi gambar, game flash, dll. Aplikasi ini adalah salah satu produk perusahaan macromedia yang berfokus di bidang grafis dan pengembangan web. Akan tetapi pada tanggal 3 desember 2005 adobe system mengakuisisi perusahaan macromedia dan semua produknya, sehingga nama macromedia flash berubah menjadi adobe flash. Perangkat lunak macromedia flash 8 ini menghasilkan berkas file dengan ekstensi .swf. Berkas file dengan ekstensi .swf ini dapat kalian putar di penjelajah web yang sudah dipasang adobe flash player. ActionScript adalah nama bahasa pemerograman yang digunakan pada macromedia flash 8 ini, dan mulai muncul pertama kali pada flash 5.

Selanjutnya adalah langkah-langkah bagaimana cara membuat jam digital pada macromedia.

1. Buka macromedia dan buat file baru dan buat tampilannya seperti berikut.


2. Lalu buat tulisan Hari, Jam, Menit, dan Detik dengan Text Tool.


3. Lalu buat teks dinamis yang nantinya akan digunakan untuk menampilakan hari, jam, menit, dan detiknya. Beri nama instan name dengan hari, jam, menit, dan detik untuk setiap teks dinamis yang kosongnya dan ubah tipe teksnya menjadi dynamic text, seperti berikut.



4. Lalu salin kode di bawah ini dan tempelkan pada tempat naro script di frame 1.

var harihari:Array = new Array("Minggu", "Senin", "Selasa", "Rabu", "Kamis", "Jumat", "Sabtu");
var hariini:Date = new Date();
var strhari:String = harihari[hariini.getDay()];

onEnterFrame = function(){
   waktu = new Date();
   jam.text = waktu.getHours();
   menit.text = waktu.getMinutes();
   detik.text = waktu.getSeconds();
   hari.text = strhari;
   if(jam.text < 10){
      jam.text = "0"+jam.text;
   }
   if(menit.text < 10){
      menit.text = "0"+menit.text;
   }
}


5. Lalu tekan ctrl + enter untuk melihat hasilnya.
6. Selesai.

Cukup sekian tutorialnya, mohon maaf jika tampilannya kurang bagus, kalian dapat mengembangkannya sendiri atau dengan teman kalian. Nantikan postingan tentang tutorial macromedia di kemudian hari dan pelajari secara otodidak atau sendiri. Silahkan share ke medsos kalian agar orang lain juga tahu dan bisa membuat jam digital dengan macromedia ini.



Sampai Jumpa

Wassalam


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments