Rabu, 27 Desember 2017

thumbnail

Cara Merubah Bahasa Windows 7 Menjadi Bahasa Indonesia

Pada umumnya atau secara default semua interface windows 7 menggunakan bahasa inggris, namun tahukah kalian bahwa Microsoft telah menyediakan Language Packs yang dapat digunakan untuk merubah bahasa interface Windows 7 menjadi berbagai bahasa di berbagai negara salah satunya bahasa Indonesia. Jika kalian ingin mencicipi interface windows 7 bahasa Indonesia, kalian dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini.



Berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan kunjungi link berikut disini untuk mendownload language packsnya.
2. Disana terdapat language packs untuk windows 7, windows 8.1, dan windows 10. Silahkan download language packs bahasa Indonesia untuk windows 7 (ingat windows 7 bukan windows 8.1 dan windows 10, takutnya kalian salah download). Klik link Get it now untuk mendownload.


3. Lalu klik tombol Unduh.


4. Sesuaikan tipe windows 7 yang kalian pakai, karena saya menggunakan windows 7 yang 64 bit, saya pilih yang LIP_id-ID-64bit.mlc, lalu tekan tombol Next (filenya ngga gede ko, cuma 3.9 MB doank).


5. Tunggu proses download, jika sudah selesai buka file LIP_id-ID-64bit.mlc, maka akan muncul jendela baru, beri centang pada Indonesian (Bahasa Indonesia), lalu tekan tombol Next.


6. Centang I accept the license terms, lalu tekan tombol Next. Tekan Next lagi, lalu tunggu proses installing.
7. Jika sudah selesai klik Next, pilih Bahasa Indonesia, centang Apply display language to welcome screen and system accounts, lalu tekan tombol Change display language.


8. Maka akan muncul jendela dialog untuk merestart komputer Anda. Tekan tombol Restart now.


9. Jika sudah restart, maka semua tampilan windows 7 yang tadinya bahasa Inggris akan berubah menjadi bahasa Indonesia. Lihat hasilnya dibawah ini.


 



Jika kalian ingin mengembalikan bahasanya menjadi bahasa inggris ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Control Panel (Panel Kontrol), ubah tampilan menurut kategori. Klik Ubah bahasa tampilan pada group Jam, Bahasa, dan Wilayah.



2. Maka akan muncul jendela baru, yaitu jendela Daerah dan Bahasa, Pilih tab Papan tombol dan Bahasa, lalu pada Pilih bahasa tampilan pilih English, lalu klik tombol Ok.



3. Maka akan muncul jendela dialog log out, lalu tekan tombol Log keluar sekarang. Maka sistem windows akan melakukan log out dan log in kembali, untuk menyelesaikan proses perubahan bahasa.



4. Jika sudah restart maka bahasa windows akan kembali menjadi bahasa Inggris. Lihat hasilnya berikut ini.





Mungkin hanya sedikit pengetahuan ini yang dapat saya bagikan lewat postingan blog saya ini. Semoga bermanfaat dan dapat dipahami oleh kalangan awam. Mungkin kalian akan terasa beda jika windows 7 kalian menggunakan bahasa Indonesia, dan hal ini akan membuat kalian akan lebih memahami semua fitur fitur dan menu-menu yang disediakan oleh windows 7, ketimbang menggunakan bahasa Inggris.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments