Minggu, 19 November 2017

thumbnail

Cara Menggunakan Rumus LOWER & UPPER Di MS Excel

Jika pada aplikasi MS Word terdapat menu Change Case yang berfungsi untuk mengkonversi semua huruf menjadi huruf kecil semua (lower) dan mengkonversi semua huruf menjadi huruf bersar semua (upper) maka dalam aplikasi MS Excel menu change case tersebut tidak ada. Sebagai alternatifnya MS Excel menyediakan fungsi upper dan lower.



Fungsi upper berguna untuk mengkonversi semua huruf menjadi huruf besar semua dan fungsi lower berguna untuk mengkonversi semua huruf menjadi huruf kecil semua.

Mari lanjut ke intinya gan.

-  Fungsi Lower
1. Siapkan beberapa baris kata yang nantinya akan digunakan melakukan eksperimen fungsi lower. Atau kalian bisa salin daftar kata berikut. Lalu ketikkan fungsi =LOWER(C3) pada kolom kolom HASIL LOWER.

2. Lalu tekan enter, maka akan tampil hasil konversi kata pada kolom Teks ke kolom HASIL LOWER.


3. Salin fungsi lower tersebut ke baris yang ada di bawahnya. (ingat ubah C3 dengan posisi teks yang hendak di konversi.


4. Gampang kan guys, mungkin anak SD juga bisa melalukan hal seperti ini.


-  Fungsi Upper

1. Siapkan beberapa baris kata yang hendak dikonversi menjadi huruf besar semua.


2. Lalu masukkan rumus fungsi uppernya dan tekan enter. Lihat hasilnya semua hurufnya berubah menjadi huruf besar semua. 



3. Lakukan hal yang sama pada baris berikutnya, ingat ganti C3 menjadi C4, C5, C6, C7 dan C7, tergantung letak kata atau kalimat yang hendak di konversi menjadi huruf besar semua.


4. Saya rasa cara penggunaan fungsi ini sangat mudah dan terjangkau oleh pemahaman kalian.


Kedua fungsi ini adalah fungsi yang sangat lumrah dan biasa dipelajari di SMP atau SMA. Apalagi di tempat private komputer pasti fungsi ini menjadi salah satu materi pokok untuk pemula pada private MS Excel.



Salam Anak IT !


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments